Cara Mengatasi CPU Usage Tinggi

Cara Mengatasi CPU Usage Tinggi - Halo Assalamualaikum Sobat Kayuagung-Cyber :) Sering sekali pengguna merasa 'lemot' sekali PC nya. Hal ini salah satunya disebabkan oleh pemakaian CPU yang terlalu berlebih. CPU Usage merupakan statistik untuk melihat persentase penggunaan nya. Banyak aplikasi yang terkadang tanpa diketahui berjalan dan memakan banyak resources yang ada hingga menyebabkan CPU Usage 100%.

Kondisi PC yang bekerja dengan sangat pelan ini tentu membuat pengguna terganggu. CPU Usage yang tinggi bisa disebabkan oleh penggunaan aplikasi yang berjalan secara bersamaan, wajar jika hal tersebut membuat CPU Usage menjadi tinggi bahkan 100%. Hal ini menyebabkan perintah yang diinginkan tidak bisa terlaksana dengan cepat hingga not responding.

Pemakaian PC dalam waktu lama juga merupakan penyebab nya. Tetapi sering juga saat hanya membuka explorer saja, CPU Usage sudah 100%. Hal ini perlu dicari tahu penyebabnya karena tentu mengganggu dan membuat pemakai tak nyaman.

Berikut ini terdapat beberapa cara mengatasi CPU Usage tinggi.

Untuk mengecek CPU Usage, dapat dilakukan dengan membuka Task Manager dengan menekan CTRL + ALT + DEL lalu klik tab Performance dan disana terdapat persentase CPU Usage.

Penyebab dan Cara Mengatasi CPU Usage Tinggi
CPU Usage Laptop admin ( lagi buka banyak aplikasi kok, hhe :p )

1. Matikan program yang tidak digunakan

Sering tak disadari ada program yang berjalan dan memakan banyak resource. Biasanya pada windows terdapat aplikasi SVCHOST.exe yang berjalan hingga beberapa aplikasi.

Cari aplikasi bernama SVCHOST.exe kemudian anda pilih matikan dengan cara mengklick kanan pada aplikasi yang dipilih dan klick End Process. Klick Yes bila ada peringatan muncul.

Cara mematikannya -> Task Manager lalu buka Tab Proccess > svchost.exe > End Procces

Proccess > svchost.exe > end procces


2. Disable WinSAT ( Maintenance )

WinSAT.exe adalah program untuk mengetes seberapa kemampuan komputer kita dengan skala skor dari 1 - 7.9. WinSAT biasanya memakan banyak CPU Usage.

Cara disablenya :

Buka Start, ketik dan buka Task Scheduler.
Lalu buka dengan klik Microsoft - Windows - Maintenance

( klik untuk memperbesar )

Lalu klik kanan WinSAT, pilih Disable

Disable WinSAT
Tutup Task Schedule. Lalu restart PC


Itu tadi 2 cara mengatasi CPU Usage yang Tinggi. Perhatikan juga program yang di Install, terlalu banyak memuat di RAM juga menyebabkan PC melambat. Jika sudah sangat membuat kesal, silahkan LEMBIRU ( LEMpar BelI baRU ) :D

Sekian dulu untuk bahasan cara mengatasi CPU Usage yang Tinggi ini. Baca juga bagaimana CARA MENGETAHUI SPESIFIKASI PC Anda. Terima kasih, Semoga bermanfaat.

refrensi
http://monsterkids99.blogspot.com/
http://terakui.blogspot.com/
http://windows-mechanic.blogspot.com/
Previous
Next Post »

4 komentar

Click here for komentar
12 November 2014 pukul 14.18 ×

aplikasi SVCHOST.exe itu sebenernya apa om?

Balas
avatar
admin

Terima Kasih telah meluangkan waktu anda untuk melihat blog ini, tinggalkan lah jejak komentar anda dengan berkomentar disini ' :D

Kayuagung Cyber Team | Berita Cyber | Cyber News | Teknologi IT | JKT48 Voice Alarm | Photoshop | Desain | Hacking | Tutorial Deface | Web HTML | All About Cyber Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment